Kades Dilantik, Keluarga Cuma Liat Dari Jauh

oleh -

Karawang – Pelantikan 45 Kepala Desa terpilih di Kabupaten Karawang hasil pesta demokrasi tingkat desa beberapa waktu lalu, menjadi harapan baru bagi masyarakat untuk perubahan pembangunan di masing-masing desa.

Nyaris setengah hari, keluarga yang mengantar kepala desa terpilih di Plaza Pemerintah Kabupaten Karawang, Jumat (20/3) pagi, harus menerima kondisi dan situasi yang tidak seperti biasanya saat pelantikan-pelantikan kepala desa sebelumnya.

Semua peserta, tamu, pejabat, harus melewati protokol kesehatan yang melibatkan unsur tim kesehatan, TNI/Polri dan Satpol PP.

“Kita juga batasi. Hanya keluarga saja yang boleh menemani prosesi pelantikan,” kata Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.

Hal tersebut dilakukan terkait dengan antisipasi penyebaran virus corona.

Ia menyampaikan agar para kepala desa yang baru dilantik mampu menyosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak berkerumun terlebih dahulu selama 14 hari.

“Bapak, ibu kepala desa yang baru dilantik, jangan dulu ada rame-rame, jadi kita membatasi diri kita dari kerumunan orang orang, karena makin besar kerumunan makin besar potensi untuk tertular (virus corona), kenapa harus diem 14 hari karena masa incubasinya 14 hari,” ungkapnya.

Dihadapan kepala desa terpilih, Cellica bersama wakilnya Ahmad “Jimmy” Zamakhsyari mengucapkan selamat dan sukses kepada para kepala desa terpilih.

Keluarga Kades Terpilih di Kecamatan Lemahabang, Desa Kedawung Jaja (63), mengatakan, meskipun datang dari pukul 6.00 WIB pagi, tapi pukul 9.00 WIB acara baru dimulai, itupun tidak diperkenankan masuk ke lokasi pelantikan kades. Padahal yang bersangkutan adalah keluarga Kades terpilih.

“Kades terpilih (Januri) keluarga kades menantu saya. Saya dan keluarga tidak apa-apa cuma bisa liat dari jauh, karena bukan di sini saja tempat lain sama,” ungkapnya.

Sementara dari Kecamatan Cilebar, Desa Kertamukti keluarga dari kades terpilih (Warnadi), Rayim (58) mengaku, jika dirinya beserta keluarga telah berbondong-bondong
datang ke lokasi pelantikan sebanyak 7 mobil.

Tapi di lokasi pelantikan tidak diperkenankan untuk langsung menyaksikan secara dekat dilantiknya kades terpilih, pihaknya harus
menerima dengan hormat atas situasi dan kondisi yang ada. (iyg)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *