DLHK vs Atlasindo, sejumlah pejabat Pemkab Karawang dipanggil Polda

oleh -1.213 views

Karawang – Pemerintah Kabupaten Karawang dilaporkan PT Atlasindo Utama atas tindak pidana pengrusakan memasuki pekarangan tanpa izin. Tak tanggung-tanggung dalam surat pemanggilan oleh Polda Jawa Barat 4 pasal pidana sekaligus diterima Pemkab Karawang.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan (DLHK) Karawang Wawan Setiawan. Wawan dipanggil Polda, pada Rabu (26/2) kemarin untuk dimintai keterangan berkenaan atas laporan PT Atlasindo Utama.

“Dilaporkan ke Polda atas tindakan pidana perusakan memasuki pekarangan tanpa seizin yang berhak. Tindak pidana pemerasan dan tindak pidana larangan peguasaan tanah tanpa izin, pasal yang dikenakan pasal 170, pasal 167, pasal 406 pasal 368 bahwa kita memasuki pekarangan tanpa seizin yang berhak terlapor mendatangi PT Atlasindo Utama bersama Satpol PP dengan niat untuk menyegel PT Atlasindo Utama, juga terlapor merusak gembok pagar yang ada di atas Perhutani dan merusak mesin Crusher. Sehingga tidak bisa digunakan kembali dan mengalami kerugian material 30 milyar, itu tuduhannya,” ujar Wawan Kamis (27/1).

Intinya, kata Wawan, mungkin berupa ketidak puasan PT Atlasindo atas pembekuan izin.

“Kita jelaskan kewenangan DLHK sesuai tufoksi. Kenapa DLHK menyegel dan sebagainya kita luruskan bahwa DLHK sesuai UU 32 itu tahun 2009 kewenangan administratif, teguran tertulis, paksaan pemerintah pembekuan izin dan pencabutan izin,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris DLHK Karawang Rosmalia Dewi mengaku, dirinya dan Satpol PP menerapkan sanksi sesuai dengan SP yang dikeluarkan Bupati, disaksikan Danramil dan Kapolsek.

“Sebelum berangkat kita diapelkan dulu oleh Kasatpol PP perintah Satpol PP hanya menyampaikan perintah Bupati untuk menghentikan kegiatan perusahaan, tidak ada dialog dan bentrok, jadi terima gak terima dia (PT Atlasindo Utama) bukan urusan kita, kita hanya menyampaikan,” katanya. (iyg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *